Implementasi Nilai-nilai Trilogi Universitas Nusa Putra dalam Kehidupan Sehari-hari

Hi Readers!!! Welcome back to my blog! 

Kali ini saya akan share bagaimana sih implementasi trilogi universitas Nusa Putra dalamkehidupan sehari-hari. 

Sebelumnya perkenalkan saya Akfi Tsani Putriana dari program studi Sistem Informasi 2020. Beberapa waktu lalu saya mengikuti kelas kuliah umum yang diadakan civitas akademik kampus, yaitu kuliah umum kenusaputraan, dengan pemateri langsung Bapak Rektor Univeristas Nusa Putra, yaitu Dr. H. Kurniawan, ST., M.Si., MM. Beliau menjelaskan kepada kami trilogi Universitas Nusa Putra.

Trilogi Nusa Putra itu antara lain: "Amor Deus, Amor Parentium, Amor Conservis" (https://lisnawatiwinda11.blogspot.com/2022/02/pengamalan-trilogi-nusa-putra-sebagai.html)

1. Amor Deus

Amor Deus artinya cinta kasih Tuhan. Yang mana maksud dari cinta kasih kepada Tuhan ini senantiasa mengajarkan kepada kita bahwasannya dalam settiap kegiatan yang kita lakukan selalu libatkan Allah, bentuk lain dari cinta kasih kepada Tuhan ini juga bisa diimplementasikan dengan melakukan semua perintahnya sebagai bentuk kasih(syukur) kepada Tuhan.

Implementasi yang saya lakukan sebagai mahasiswa yaitu ketika saya melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah Cianjur, saya diajak oleh guru ngaji (ustadz) setempat untuk membantu dalam mengajar ngaji. 

Dokumentasi ketika mengajar ngaji

Sumber: Dokumentasi Pribadi


2. Amor Parentium

Amor Parentium artinya Cinta Kasih Orang tua.  Sebagai kekuatan insan Nusa Putra untuk menjaga ajaran dan nilai-nilai luhur rasul, leluhur, kedua orangtua dan guru-guru kita serta orang-orang soleh sebelum kita. Nilai kedua ini juga sangatlah penting karena kita tidak akan mencapai titik saat jika tanpa bantuan dan kontribusi dari mereka semua.

Implementasi bentuk cinta kasih orangtua yang saya lakukan yaitu ketika saya daftar ke kampus Universitas Nusa Putra di hari terakhir gelombang terakhir, yang mana biaya pertama nya terbilang mahal karena kondisi ayah saya yang sudah tidak bekerja, dengan pengorbanan ayah saya tersebut saya bertekad untuk kuliah dengan sungguh-sungguh dan mencoba untuk mendapatkan beasiswa. 

Dalam permasalahan akhirat untuk membantu kedua orangtua saya, saya mengikuti kelas tahfidzul quran di komplek remaja mesjid, yang mana ketika seorang anak bisa menghafal alquran maka akan menyelamatkan dirinya dan 10 orang keluarganya. Sesuai dengan Hadits "Barangsiapa yang belajar Al-Qur'an, lalu berusaha menghafalkannya dan dia bisa hafal, niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam Surga dan Allah akan menerima permohonan syafaat yang diajukannya kepada sepuluh orang keluarganya, yang semuanya telah diputuskan masuk ke dalam neraka."

3. Amor Concervis

Amor Concervis artinya cinta kasih sesama. sebagai pengikat insan Nusa Putra untuk menjalani hidup berdampingan secara damai dalam menyikapi setiap perbedaan, karena Tuhan berkehendak atas adanya perbedaan itu sendiri. Sebagai manusia sosial, tentunya tidak ada yang bisa terlepas dari komunikasi dengan sesama. 

Implementasi saya dalam cinta kasih sesama yaitu dalam program kerja himpunan terdapat proker pengabdian. Dalam kegiatan pengabdian tersebut saya melakukan bakti sosial dan pengajaran di TK.

Bakti Sosial

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pengajaran di TK

Sumber: DOkumentasi pribadi

Saya kira itu yang dapat saya share semoga dapat memotivasi pembaca semua!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tarian Buchaechum - Korea

Sajak sunda Di Pajaratan - Élis Érnawati